WhatsApp Sejarahnya dan Apa Fitur Menariknya

WhatsApp Sejarahnya dan Apa Fitur Menariknya?

WhatsApp Sejarahnya dan Apa Fitur Menariknya? – WhatsApp adalah aplikasi pesan instan paling populer, dan per September 2015, 900 juta orang aktif menggunakan WhatsApp.

Bang Bang Winarso-3 Desember 2015
Teman-teman DS yang baru saja beralih ke smartphone mereka mungkin masih mencari sesuatu yang baru di perangkat mereka. Seharusnya teman-teman sudah ketemu apa tapi masih bingung, mungkin WhatsApp itu apa, kegunaannya apa, dan fitur-fiturnya apa? Nah, pada artikel kali ini, editor akan memberikan ulasan lengkap tentang WhatsApp, termasuk sejarah lahirnya WhatsApp.

Baca Juga: Cara Sadap WA

WhatsApp Sejarahnya dan Apa Fitur Menariknya

WhatsApp

Pertama-tama, apa itu WhatsApp? WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan untuk smartphone dalam hal kemampuannya. WhatsApp mirip dengan aplikasi SMS yang biasa Anda gunakan di ponsel lawas. Namun, WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan menggunakan data internet. Karena itu, dalam aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir tentang panjang karakter. Selama Anda memiliki data internet yang cukup, tidak ada batasan.

Meski merupakan aplikasi pesan instan, WattsApp memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karena itu, sistem pengenalan kontak, konfirmasi, dan pengiriman pesan dilakukan melalui nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya. Cara ini berbeda dengan BBM yang menggunakan PIN atau LINE yang mendukung email dan username selain nomor handphone.

Fitur utama WhatsApp

WhatsApp memiliki beberapa fitur.

  1. Kirim pesan teks
  2. Kirim foto dari galeri atau kamera
  3. Mengirim video
  4. Kirim file kantor dll.
  5. Melakukan panggilan suara, termasuk mengirim pesan suara yang dapat didengar penerima kapan saja.
  6. Berbagi lokasi menggunakan GPS
  7. Kirim kartu kontak
  8. WhatsApp juga mendukung beberapa emoji, tetapi untuk stiker, WhatsApp sangat minim. Berbeda dengan LINE yang antusias dengan perkembangannya.

WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk mengatur panel profil mereka sendiri, yang terdiri dari beberapa alat pengaturan privasi untuk melindungi nama, foto, status, dan profil. Ada juga alat untuk mencadangkan pesan, mengubah nomor akun, dan melakukan pembayaran. Oh ya, WhatsApp akan menjadi aplikasi berbayar setelah setahun digunakan. Biayanya hanya Rp. 12.000 setahun. Anda juga dapat membantu teman Anda dengan membayar biaya berlangganan atas nama Anda.

Baca Juga: Tiktok Tiktok Lite Snack Video 3 Aplikasi Penghasil Uang Terlaris 2021

Di mana saya dapat mengunduh WhatsApp?

Anda dapat mengunduh WhatsApp dari aplikasi Play Store. Secara default, semua smartphone Android modern memiliki toko aplikasi bernama Play Store. WhatsApp dapat ditemukan di toko aplikasi. Atau, jika Anda pengguna iOS, Anda dapat mengunduhnya di aplikasi App Store. WhatsApp juga tersedia untuk Nokia S40, S60, BlackBerry, dan Windows Phone. Untuk informasi lebih lanjut, lihat situs web resmi WhatsApp.

Riwayat WhatsApp

Menurut kutipan dari Wikipedia, WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009. Artinya WhatsApp sudah memasuki tahun keenam. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum, yang bekerja sebagai karyawan Yahoo. Koum menghemat $ 400.000 saat bekerja di sana dan mengunjungi temannya Alex Fishman untuk membahas App Store, yang saat itu baru berusia tujuh bulan.

Koum merasa bahwa toko ini memiliki potensi. Fishman kemudian membantu Koum menemukan pengembang aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov di Rusia.

Tetapi bahkan dengan WhatsApp Inc, aplikasi WhatsApp itu sendiri belum berakhir. Dalam beberapa percobaan WhatsApp crash dan tidak berjalan seperti yang diharapkan. Dengan putus asa, Koum berniat menutup perusahaannya dan mencari pekerjaan lain.

Tapi Brian Acton menasihatinya untuk berhenti selama beberapa bulan lagi. Toh, setelah melewati fase beta yang cukup lama, WhatsApp resmi mulai bekerja di App Store pada November 2009. Sebelumnya, Koum sempat membujuk Acton dan lima mantan Yahoo! lain untuk berinvestasi. Setelah mengunjungi App Store, WhatsApp merambah ke BlackBerry Store pada Januari 2010, disusul Android pada Agustus.

Popularitas WhatsApp masih cepat di hampir semua platform, meski statusnya berubah dari gratis menjadi berbayar. Per Februari 2013, pengguna aktif WhatsApp melonjak menjadi 200 juta. Jumlah ini berlipat ganda pada bulan Desember dan kembali meningkat menjadi 500 juta pada bulan April 2014. Juga, pada September 2015, WhatsApp memiliki rekor 900 juta pengguna aktif.

Baca Juga: 3 aplikasi Muslim teratas

Itu sebabnya Facebook tergila-gila dengan WhatsApp karena pertumbuhannya yang cepat. Gayung bersambut, WhatsApp Inc. Menerima proposal Facebook dengan mahar $ 19 miliar. Setelah mengganti bendera, Facebook tidak melakukan banyak perubahan pada WhatsApp dan menetapkan harga tahunan tanpa iklan. Tidak banyak orang yang takut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *